Membuat symlink ADB di Linux

Symlink! Apa sih symlink itu? Symlink atau symbolic link atau soft link adalah file dengan type spesial yang mereferensi ke file lain atau direktori lain dalam bentuk path absolute atau relative dan mempengaruhi resolusi nama path (https://en.wikipedia.org/wiki/Symbolic_link). Symlink ini biasanya ada di OS unix-like, kalau di Windows biasa disebut dengan Shortcut. Tujuan membuat symlink diantaranya untuk menjalankan aplikasi dari folder mana saja. Contohnya saya mau membuat symlink untuk menjalankan perintah aplikasi ADB dari mana saja, sehingga memudahkan dalam install file APK ke dalam device (smartphone Android). File ADB berada di dalam folder .../sdk/platform-tools/. Berikut format dan contoh untuk membuat symlink di terminal:

$ ln -s target_path link_path

$ sudo ln -s /mnt/DATA_APLIKASI/Aplikasi-Linux/adt-bundle-linux-x86/sdk/platform-tools/adb /usr/bin/adb

Untuk memeriksa apakah symlink sudah bekerja, bisa diperiksa dengan cara pindah ke direktori home lalu ketik perintah

$ adb version

Jika muncul versi ADB berarti symlink sudah bekerja.
Tampilan pada terminal sebagai berikut

symlink sample

Selanjutnya mencoba untuk install APK dari folder dimana saja, contohnya direktori Documents dengan file yang mau diinstall Andev_Tips.apk, jangan lupa untuk menyambungkan device Android melalui USB atau Wifi (cara agar device Android terdeteksi di Linux) dan aktifkan mode Debug, contoh perintahnya sebagai berikut:

$ adb install Andev_Tips.apk

Jika berhasil akan muncul kata success. Contoh tampilannya sebagai berikut

install apk melalui adb

Selain install APK ke device, bisa juga melihat logcat pada device, yaitu dengan perintah:

$ adb logcat

Untuk fungsi lain pada ADB bisa dilihat dengan perintah

$ adb help

Untuk pengguna Windows, lebih mudah, selain menggunakan aplikasi center seperti Mobogenie dan aplikasi serupa lainnya, bisa juga dengan install aplikasi Apk_OneClick sehingga install APK bisa dengan klik kanan dan Install to Phone.

Semoga bermanfaat.



1 comment:

  1. thanks gan informasinya ini, bermanfaat sekali...
    solder uap

    ReplyDelete