Awal Membuat Aplikasi Android

Saya pertama kali ada keinginan untuk membuat aplikasi mobile ketika masih boomingnya HP Nokia Symbian sekitar tahun 2009, sampai saya beli HP Nokia E63 untuk test. Waktu itu saya tidak bisa dan kurang suka dengan bahasa pemrograman Java (J2ME) yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi handphone, karena masalah kecepatan pada aplikasi desktop jika dibandingkan dengan beberapa bahasa pemrograman lainnya yang tidak menggunakan Virtual Machine. Selain itu saya masih fokus mempelajari bahasa pemrograman C++, sebelumnya basic saya VB 6.

Sekilas tentang Framework QT
Membuat aplikasi Android dengan Qt Framework
Berawal dari belajar bahasa pemrograman C++, kemudian saya mempelajari MS. Visual Studio C++ versi 6 belum tertarik belajar .NET, namun kemudian saya menemukan beberapa kendala yaitu terlalu sulitnya mempelajari Visual Studio C++, menggunakan produk bajakan, belum ada versi express / free, tidak cross-platform, waktu itu saya mulai menggunakan Linux lagi, setelah mencari-cari beberapa alternatif akhirnya saya bertemu Qt Creator dengan Framework QT, menggunakan bahasa C++, multi-platform (Linux, Windows, Mac OS) dan cross-platform bisa untuk Embedded Linux, dalam membuat UI sangat menarik dan mudah, Opensource (belum ada versi komersial), adanya fitur signal, lebih mudah dipelajari dengan dokumentasi yang lengkap dan contoh yang banyak.
Waktu itu untuk membuat aplikasi di HP Symbian E63 saya menggunakan Qt Creator 2.4 dengan framework QT 4.6 sekitar tahun 2011 yang didukung oleh Nokia.

Sekarang sudah banyak perkembangan yang terjadi pada Framework QT, selain tersedia versi Opensource atau community juga tersedia versi komersial dengan fitur yang lebih lengkap dan support premium. Untuk multi-platform dan cross-platform masih menjadi fitur yang utama.
Saat artikel ini ditulis Framework QT sudah mencapai versi 5.5. Berikut platform yang didukung oleh versi community
Windows, Linux, Mac OS X, Windows Phone/WinRT, Android, iOS, Windows Embedded, Embedded Linux*, Embedded Android*, QNX, Blackberry 10.
Untuk informasi selengkapnya dan untuk download installer silahkan di http://www.qt.io/
Pertimbangan menggunakan Framework QT yaitu sangat effisien ketika hendak mengembangkan aplikasi dengan cross-platform, karena menggunakan base code yang sama.
Membuat aplikasi Android dengan Qt Framework
Tampilan UI Designer Qt Creator
Contoh aplikasi yang ditulis dengan framework QT yaitu
- Window Manager KDE dan aplikasi bawaannya. https://www.kde.org/
- Aplikasi Dukto untuk transfer antara PC atau dengan device dalam satu LAN tanpa perlu susah setting jaringan, terdeteksi secara otomatis. Aplikasi multi platform. Untuk download aplikasi silahkan kunjungi http://www.msec.it/ atau download versi Android
dan masih banyak yang lainnya.

Saya masih tertarik untuk menggunakan Framework QT terutama untuk membuat aplikasi cross-platform termasuk Android dan bisa memperluas ke mobile OS lainnya. 

Mulai Mempelajari JAVA
Dengan boomingnya smartphone Android saya pun mulai beralih untuk mempelajari membuat app dengan Android SDK (menggunakan JAVA) walaupun diawalnya cukup susah, namun kalau mau belajar pasti bisa, dan ternyata bahasa pemrograman JAVA lebih mudah jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman C++ dan sekarang lebih fokus membuat aplikasi atau game Android dengan menggunakan Eclipse dan Android Studio serta Framework LibGDX dan mulai mempelajari game editor Godot Engine serta Unity3D (lebih fokus ke 2D).
Dan step yang mudah tentunya dengan memulai reskin source code yang sudah ada, target masih Android.
  

1 comment: